PSBPAI '10



TUGAS PENGEMBANGAN BUDAYA DAN SENI PAI
Nama Kelompok         :
1.      Mukhlasin                               (10410048)
2.      Akhid Nurkholis Pratama       (10410060)
3.      Ikhwan Mutaqin                     (10410067)
4.      Alfiyatus Sodiqoh                   (10410072)
5.      Yunida Nur Apriyani              (10410043)
6.      Hani Septianasari                    (10410054)
7.      Hannatul Malihah                   (10410044)

A.    Pengertian Budaya Islam
Budaya Islam menurut M. Quraish Shihab  adalah Ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam, hidup dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan (sesuai cetusan fitrah).
            Budaya Islam menurut Seyyed Hossein Nassr  adalah Seni budaya Islam adalah keahlian mengekspresikan ide dan pemikiran estetika dalam penciptaan benda, suasana atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah dengan berdasar dan merujuk pada Al-Qur’an dan Hadits).

B.     Unsur-Unsur Budaya
Unsur-unsur budaya yang ada dalam masayarakat, salah satunya masyarakat di Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, yaitu :
1.    Sistem Religi
Dalam aspek sistem religi, mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Agama yang dianut berupa Islam Kejawen, sebab masih terdapat kepercayaan pada hal-hal yang bersifat animisme, seperti adanya ritual slametan yang diadakan pada acara kelahiran, upacara pernikahan dan kematian. Meski demikia
n, hal-hal ini tidak menjadikan perbenturan pada masyasrakatnya yang memiliki pandangan berbeda seperti NU dan Muhammadiyah.
2.    Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Organisasi yang berkembang mencerminkan sikap gotong royong dan musyawarah. Hal ini terwujud dengan masih berkembangnya perkumpulan arisan ibuk-ibuk/bapak-bapak RT/RW, karang taruna dan IRMADEKA.
3.    Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan yang diterapkan menggunakan lembaga formal dan non-formal untuk mendapatkan pengetahuan.
4.    Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem – Sistem Ekonomi
Mata pencaharian masyarakatnya adalah petani, guru, bidan, PNS, tentara, polisi, dokter,  notaris dan pedagang. Meski demikian, mayoritas mata pencahariannya adalah petani dan pedagang.
5.    Sistem Teknologi dan Peralatan
Peralatan yang digunakan masyarakat desa Kembang masih ada yang menggunakan peralatan tradisional berupa tungku. Meski demikian, mayoritas masyarakatnya menggunakan peralatan modern, seperti kompor gas, oven listrik, magicom, dll.
6.    Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam kesaharian menggunakan bahasa tradisional, yaitu bahasa jawa. Bahasa jawa ngoko digunakan kepada teman sebaya dan bahasa jawa halus digunakan pada orang yang lebih tua.
7.    Kesenian
Kesenian yang masih berkembang adalah jathilan (kuda lumping) dan hadroh. Kesenian hadroh mulai dibudidayakan di masyarakat desa Kembang.

C.    Kelebihan dan Kekurangan
Pada hakikatnya unsur-unsur budaya yang ada, telah tercakup dalam pengertian budaya yang dipaparkan oleh M. Quraish Shihab dan dari Seyyed Hossein Naser. Namun, para tokoh dalam menjabarkan pengertian seni budaya islam terdapat kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam pengertian yang dipaparkan oleh para tokoh, yaitu :
1.      Kelebihan dari pemamparan M. Quraish Shihab adalah beliau dalam memaparkan pengertian SBI (Seni Budaya Islam) disampaikan secara universal (umum), tidak terbatas pada orang muslim saja; fleksibel dalam menilai dan mengukur keindahan; dan memiliki konsep yang mudah diterima dengan berpandangan pada alam, hidup dan manusia. Namun, pemaparan yang disampaikan beliau tidak terdapat tolok ukur yang spesifik untuk memberikan batasan pada kesempurnaan antara kebenaran dan keindahan.
2.      Kelebihan dari pemaparan Seyyed Hossein Nasr adalah memandang keindahan dan menilai keindahan dengan menggunakan tolok ukur pada Qur’an dan Hadits serta mengekspresikan ide dan pemikiran estetika dengan menggunakan benda. Namun, pemaparan yang disampaikan oleh beliau memiliki pandangan yang sempit, sebab hanya terbatas pada karya seni yang diciptakan oleh manusia.
Dari pemaparan yang dipaparkan oleh para tokoh, kelompok kami lebih memilih pengertian yang dipaparkan oleh Seyyed Hossein Nasr dalam memaparkan definisi SBI (Seni Budaya Islam). Sebab terdapat batasan yang jelas dalam memaparkan keindahan budaya yaitu Qur’an dan Hadits, sehingga memudahkan kita untuk menilai kebudayaan yang ada dalam Islam dan di luar Islam. Selain itu, juga sesuai dengan kondisi perkembangan peradaban masa sekarang.

0 Response to "PSBPAI '10"

Posting Komentar